Gaji Tidak Dibayar

Sebelumnya saya menulis tentang klaim asuransi yang ditolak. Sekarang saya menulis topik yang hampir sama, yaitu gaji tidak dibayar. Baru saja baca berita di maillist tentang curhat salah satu anggotanya yang tidak menerima pembayaran gaji dari perusahaan tempat bekerjanya dahulu. Padahal dia sudah tidak bekerja lagi di sana lebih dari 1 tahun dan gaji 1-3 bulan terakhirnya masih digantung oleh perusahaan. Padahal gaji merupakan hak karyawan.

Itulah susahnya kalau bekerja di perusahaan subkon yang notabene kebanyakan berstatus kontrak. Ikatan antara karyawan dan perusahaan sangat longgar, hanya berdasarkan bisnis belaka. Karyawan kontrak menjadi pihak yang paling dirugikan. Tak heran banyak demo menuntut penghapusan sistem kontrak.

Saya harapkan masalah yang terjadi dengan dia dapat diselesaikan dengan baik. Karena saya pernah berada di posisi yang sama dengannya. Dahulu saat saya berstatus kontrak, ada keterlambatan pembayaran gaji beberapa hari saja sudah mengejar-ngejar perusahaan apalagi kalau sudah lebih dari 1 tahun. Saya dapat memahami perasaannya.

Leave a Reply

