Polemik Nama Kapal Perang

Indonesia berencana memberikan nama untuk kapal perang yang baru dibeli dari negara lain. Umumnya nama kapal perang ini bisa berupa nama teluk, pahlawan, atau lainnya. Kali ini nama pahlawan yang akan diberikan. Pemerintah sudah mempunyai kandidat nama yaitu KRI Usman Harun.

Yang menarik adalah nama tersebut diprotes negara tetangga Singapura. Mereka keberatan karena orang yang dianggap pahlawan oleh Indonesia adalah orang yang dihukum mati di sana. Usman Harun yang merupakan gabungan nama 2 orang dihukum mati karena melakukan pengeboman di Singapura. Pengeboman ini dilakukan saat konflik Indonesia-Malaysia tahun 1960-an. Mereka adalah anggota Angkatan Laut RI yang mendapat tugas untuk menyusup ke Singapura yang saat itu masih bagian dari Malaysia.

Bagusnya keberatan itu tidak dianggap oleh pemerintah kita. Usman Harun sudah dianggap sebagai pahlawan dan juga dimakamkan di TMP Kalibata. Jadi sudah hak kita untuk memberi nama sesuai keinginan sendiri. Sebagai tambahan nama jalan prapatan juga akan diubah menjadi jalan Usman Harun. Sepertinya untuk kasus ini Singapura tidak keberatan kecuali kalau ternyata ada kedubes Singapura di jalan tersebut :)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s