Uang Jamsostek

Sampai saat ini saya mempunyai 5 kartu jamsostek dari 5 perusahaan berbeda. Jumlahnya ada yang jutaan, belasan juta, dan puluhan juta. Yang puluhan juta itu dari perusahaan lama yang masa kerjanya paling lama, hampir 5 tahun. Yang jutaan dari perusahaan yang masa kerjanya hampir 1 tahun. Total masa kerja sampai sekarang hampir 12 tahun. Rata-rata masa kerja berarti 2.4 tahun.

Ada saran kalau mau nego gaji, untuk THP yang sama, sebaiknya komponen basic dibesarkan dan tunjangan dikecilkan karena akan berpengaruh ke besar uang jamsostek juga THR.

Uang jamsostek perusahaan yang lama sebaiknya diambil atau dibiarkan saja ya? Kalau tidak diambil saya khawatir tiba-tiba hilang🙂 Tapi kalau saya lihat laporan keuangannya sepertinya keuntungannya lebih besar dari deposito dan ORI. Sepertinya Jamsostek mahir memutar uang yang dia simpan. Kalau saya ambil, paling saya simpan saja di bank. Kecuali kalau ada keperluan mendesak. Jadi sebaiknya biarkan saja sementara. Wait and see…

Leave a Reply

