Tarif Parkir (akhirnya) Naik

Tarif parkir gedung di Jakarta akhirnya naik. Awalnya Rp. 2000/jam menjadi Rp. 3000/jam dan kenaikan ini hanya berlaku bagi kendaraan roda empat atau lebih. Sebagai informasi tarif lama sudah berlaku sejak 8 tahun yang lalu.

Walaupun belum resmi berlaku, sudah ada beberapa gedung yang menerapkan tarif baru. Kemaren istri saya ke cempaka mas sudah dikenakan tarif baru. Jadi ingat beberapa tahun yang lalu ada kejadian serupa di mana parkir gedung dinaikkan sepihak oleh pihak gedung, setelah ada teguran barulah diturunkan kembali.

Alasan kenaikan ini adalah beban operasional yang tinggi. Bahkan pemilik parkir mengusulkan agar tarif parkir dibuat seperti tarif tol yang naik setiap 2 tahun sekali sesuai tingkat inflasi.

Sepertinya akan banyak masyarakat yang beralih ke motor untuk menyiasati hal ini. Dan juga parkir offstreet akan semakin menjamur mengingat disparitas harga yang tinggi. Mirip dengan harga BBM subsidi yang berbeda jauh dengan non subsidi. Memang indah kado perpisahan dari mantan gubernur kita Fauzi Bowo🙂

One thought on “Tarif Parkir (akhirnya) Naik

  1. Nggak masuk akal jika alasannya kenaikan beban operasional. Memangnya komponen biaya yang mana yang naik? Sebenarnya justeru terbalik: Makin lama/tua suatu gedung parkir, makin murahlah jadinya. Mengapa? Karena cicilan gedung parkir, fasilitas dan alat ini-itu sudah lunas. Berarti sudah balik modal kan…tinggal ambil untungnya.

    Ini cuma permainan bos-bos parkir bersama si Kumis, buat bekal pensiun aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s