Perpanjang Paspor

Hari ini saya memperpanjang paspor saya yang telah habis masa berlakunya di imigrasi Jakarta Timur. Sesampai di sana hampir jam 8 pagi. Loket belum ada yang buka. Kantornya juga sedang ada renovasi sehingga tempatnya masih berantakan.

Dari dulu parkir di sana sangat sulit dan sempit. Lahan parkirnya terbatas terlebih lagi jalan di depan kantor imigrasi sudah ada jalur busway sehingga tidak boleh parkir di pinggir jalan lagi seperti dulu kala.

Kalau dipikir-pikir lebih baik mengurus paspor sendiri karena tahapan prosesnya jelas dan harganya 1/2x kalau kita menggunakan jasa perantara. Biaya resminya Rp. 255.000 untuk paspor 48 halaman. Memang kita butuh beberapa kali ke sana untuk pendaftaran, foto/wawancara, dan pengambilan paspor. Kalau kita punya banyak waktu lebih baik mengurus sendiri.

Di tiap loket ada nomor urutnya sehingga jelas waktu untuk menunggunya. Pelayanannya juga sudah baik. Tidak terlihat calo yang berkeliaran menawarkan jasa. Untuk pendaftaran dan pengambilan paspor dapat diwakilkan oleh orang lain. Hanya saat foto/wawancara yang harus datang sendiri. Saya datang untuk foto/wawancara. Total waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam. Hasilnya, paspor dapat diambil hari jumat nanti.

Rencananya kalau sudah jadi paspor mau segera diisi, sayang kalau halamannya kosong saja, kan sudah bayar mahal🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s