Musim Demo

Akhir-akhir ini sedang musim demo menuntut kesejahteraan buruh. Sejauh ini hasilnya berpihak ke buruh. Selama ini saya melihat demo sering dilakukan oleh karyawan/buruh yang berpenghasilan kecil, kali ini saya melihat demo dilakukan oleh karyawan perusahaan telekomunikasi.

Beberapa waktu lalu serikat pekerja Telkomsel melakukan demo, lalu diikuti oleh Indosat, dan terakhir minggu lalu serikat pekerja Huawei yang berdemo. Tuntutannya berbeda-beda tetapi intinya demi kesejahteraan karyawan. Apakah ada yang salah dengah kompensasi di bidang telekomunikasi?

Salah satu tuntutannya adalah penghapusan sistem outsourcing. Tak dimungkiri, sistem outsourcing cukup besar di bidang ini. Kompensasi yang cukup tinggi mungkin membuat sedikit yang mengeluh. Saya juga pernah mengalaminya. Masalahnya dengan sistem ini terlihat prinsip habis manis sepah dibuang. Juga perlakuan yang beda antara karyawan kontrak dan permanen. Demo yang terjadi alhasil merupakan akumulasi dari ketidakpuasan yang ada selama ini.

Mudah-mudahan semua tuntutan serikat pekerja dapat dipenuhi demi kesejahteraan karyawan yang lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s