Penghematan

Sekarang jaman susah. Banyak kondisi perusahaan yang tidak bagus karena krisis ekonomi yang sedang terjadi. Segala cara dilakukan untuk memaksimalkan pemasukan dan mengurangi pengeluaran. Terlebih lagi UMP 2013 yang naik tinggi. Banyak perusahaan yang memohon penangguhan UMP dan mengurangi karyawannya untuk meminimalisis pengeluaran.

Banyak cara yang dilakukan untuk melakukan penghematan. Peniadaan langganan koran cetak, pemadaman lampu di saat jam istirahat, pemadaman lampu dan AC setelah jam kerja, pembatasan jumlah lembur, pengurangan penggunaan printer, kertas, dan lain sebagainya.

Tapi secara umum, penghematan ini tidak akan signifikan. Yang lebih penting adalah kenaikan pendapatan. Jadi sales dan marketing adalah ujung tombak paling penting dalam suatu perusahaan.

Hal ini juga berlaku di lingkungan keluarga. Penghematan dapat membantu kondisi keuangan keluarga tetapi kenaikan pendapatan yang lebih dominan. Untuk menyikapi ini kita dapat pindah kerja demi mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Paling bagus menjadi pengusaha🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s