Gangguan Selama Shalat Jumat

Saya sangat sering mengalami ada HP berbunyi saat sholat berjamaah terutama shalat Jumat. Termasuk shalat Jumat kemaren dan bahkan hingga 2x dari 2 HP yang berbeda. Bunyi ini sangat mengganggu konsentrasi shalat. Tidak ada bunyi saja sudah sulit berkonsentrasi apalagi ada tambahan bunyi HP.

Panitia shalat sudah mengingatkan agar HP dimatikan atau di-silent. Khotib juga kadang mengingatkan hal yang sama. Nyatanya masih banyak yang tidak menuruti. Terus terang saya juga pernah mengalami HP saya berbunyi. Saat itu karena datang shalat terlambat jadi langsung shalat saja dan lupa mematikan HP.

Sepertinya HP sudah tidak bisa dipisahkan dari manusia. Serasa ada yang hilang kalau lupa membawa HP. Di saat khotbah berlangsung bahkan orang tetap menggunakan HP dan tidak fokus mendengarkan khotbah. Saya sering kesal melihatnya. Tapi mau bagaimana lagi walau pun masih lebih baik dibanding orang yang ngobrol dengan temannya selama khotbah. Kalau kasus yang ini jadinya saya malah mendengarkan pembicaraan mereka, bukannya suara khatib.

Cara pencegahan yang terbaik mungkin mendatangkan khatib yang berkualitas sehingga tidak ada orang yang sibuk dengan dunianya masing-masing selama khotbah berlangsung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s