Tukang Tambal Ban

Kemaren ban mobil saya bocor terkena paku. Untunglah sadarnya saat masih di rumah sehingga bisa dibawa ke tukang tambal ban dekat rumah. Karena yang bocor ban depan maka perbaikannya cukup mudah yaitu dengan membelokkan ban ke kanan sampai penuh dan langsung ditambal. Tidak perlu melepas ban.

Yang membuat saya bingung sepertinya hanya di Indonesia saja banyak ditemukan tukang tambal ban di pinggir jalan. Di negara lain yang pernah saya kunjungi saya tidak pernah menemukan fenomena seperti ini. Ini membuat kita berpraduga negatif bahwa paku-paku yang bersebaran di jalan itu diletakkan secara sengaja oleh orang tak bertanggung jawab.

Pernah dilakukan penyisiran paku di jalan oleh petugas dan ditemukan ratusan kilogram paku yang terjaring. Pernah juga ditangkap orang yang menyebar paku. Tapi sepertinya penyelesaian masalahnya tidak tuntas tetap saja banyak kejadian ban bocor di jalan. Logikanya di jalan tidak ada banyak paku dan tukang tambal ban tidak begitu dibutuhkan.

Tidal semua tukang tambal ban jelek hanya ada sebagian yang memang berniat jahat. Kalau orang mencari rejeki dengan cara yang salah seperti ini, rejekinya tidak halal. Tapi bagi orang yang seperti ini mereka pasti tidak peduli. Moral dan akhlak yang harus diperbaiki.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s