Padang = Pandai Berdagang

Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang padang atau minang itu terkenal pandai berdagang. Di pasar tradisional, modern, dan kaki lima banyak ditemukan pedagang yang berasal dari suku di provinsi Sumatra Barat. Yang paling fenomenal adalah restoran Padang yang bisa ditemukan di banyak tempat.

Tapi saya yang berasal dari minang malah mengalami hal yang berbeda. Kalau melihat bakat dan kemampuan, sepertinya saya tidak pandai berdagang. Padahal kedua orangtua berasal dari minang juga. Saudara saya sebagian besar juga bukan pedagang, kebanyakan karyawan kantor. Dari situ bisa diambil kesimpulan sepihak bahwa tidak semua orang padang ahli berdagang🙂

Saya sebenarnya ingin berdagang juga karena saya menyadari bahwa dengan berdagang peluang untuk mendapatkan kebebasan finansial lebih besar dibandingkan bekerja sebagai karyawan. Saya yakin kemampuan berdagang itu dapat dilatih, tidak hanya sekedar bakat. Sekarang masih sebatas niat, mudah-mudahan ada kesempatan di masa depan🙂

One thought on “Padang = Pandai Berdagang

Leave a Reply

