Lagu Kebangsaan

Saya pernah membaca berita bahwa lagu kebangsaan Indonesia Raya diputar di luar negeri hanya dalam 2 kejadian resmi yaitu saat kunjungan kenegaraan dan saat atlet olahraga mendapat gelar juara. Benarkah berita tersebut? Tentu saja tidak. Contohnya saat ulang tahun kemerdekaan di kedubes luar negeri lagu kebangsaan juga akan diputar. Pernyataan di atas dapat dianggap sebagai dukungan dan motivasi bagi atlet-atlet kita untuk berlatih keras dan meraih prestasi setinggi-tingginya.

Tapi ada sedikit keanehan saat mendengar lagu kebangsaan kita yang diputar di luar negeri. Kalau tidak salah saat Indonesia mendapat medali emas di olimpiade dulu, lagunya agak berbeda dengan yang biasa kita dengar saat upacara bendera di sini. Saat reff-nya hanya diputar sekali. Sedangkan di sini reff-nya diputar 2x. Kejadian ini terjadi beberapa kali.

Analisa saya ini adalah untuk menghemat waktu. Memang kalau dibandingkan dengan kebanyakan lagu kebangsaan negara lain, durasi lagu kita agak lebih lama. Ada yang bisa mengkonfirmasi analisa saya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s