Daging Sapi dan Bawang Putih

Harga barang kebutuhan pokok di Indonesia saat ini sangat mudah berubah-ubah. Belum lepas kenaikan harga daging sapi yang hingga Rp. 100ribu/Kg, kini muncul kenaikan harga bawang putih hingga Rp. 40ribu/Kg. Seingat saya saat jaman orde baru hal seperti ini tidak pernah terjadi, yang ada kenaikan secara perlahan-lahan dalam waktu yang lama.

Lucunya harga kedua barang ini di luar negeri lebih murah dari Indonesia. Saya pernah baca daging sapi di Singapura hanya sekitar Rp. 45ribu/Kg dan harga impor bawang putih hanya Rp. 11ribu/Kg. Padahal tingkat pendapatan rata-rata penduduk kita masih tergolong rendah.

Pemerintah sekarang perlu mencari tahu cara mestabilkan harga kebutuhan pokok. Mungkin perlu dicontoh strategi yang dilakukan saat orde baru dahulu. Ada kemungkinan terjadi monopoli atau kartel yang bisa mengatur harga pasar. Monopoli bisa dilakukan hanya oleh pemerintah demi kepentingan rakyat. Bila tidak ada tindakan dari pemerintah bisa jadi kejadian ini akan terulang pada barang lainnya dan rakyat yang akan menanggung akibatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s