Hardware lifetime –> Vendor Support

Semua benda elektronik ada masa aktifnya bila digunakan. Misalkan lampu, TV, atau baterai. Jadi jangan berharap untuk memakainya selama-lamanya. Di kamar rumah saya lampu neon baru saja mati setelah melayani selama 5 tahun lebih. Untuk ini proses menggantinya cukup mudah, setiap orang bisa melakukannya sendiri.

Lain cerita kalau yang rusak adalah hardware yang spesifik seperti AC, kulkas. Kemungkinan besar kita memerlukan bantuan orang lain untik mengantinya. Ini baru contoh di tingkat rumah tangga, hal serupa bisa terjadi di dunia kerja. Kita bisa memerlukan bantuan vendor untuk memperbaiki perangkat yang terpasang di perusahaan kita.

Permasalahannya apa yang terjadi kalau vendor tidak mau memberikan support kepada kita? Biasanya ini karena ada masalah pembayaran yang tidak lancar. Kalau sudah begini, masalah sudah berpindah ke bagian keuangan. Tapi biasanya bagian operation & maintenance (O&M) tetap akan kecipratan tugas untuk berusaha sebisanya memperbaiki masalah yang ada a.k.a in-house support🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s