UN SMA, Anak SD Libur

Minggu ini pelajar SMA sedang menjalani Ujian Nasional. Jalanan lebih lancar dari biasanya karena ujian dilaksanakan agak lebih siang dibanding waktu masuk sekolah. Anak kelas 10 dan 11 SMA juga diliburkan. Tapi yang lucu anak saya yang masih SD juga ikut diliburkan selama seminggu. Nanti saat UN SMP dan SD mungkin diliburkan lagi. Yang ada banyakan libur dibandingkan belajarnya.

Saya kira anak saya libur karena yayasan sekolahnya terdiri dari SD,SMP, dan SMA yang terletak di satu gedung sehingga otomatis kalau anak SMA sedang UN, maka anak SD dan SMP terpaksa diliburkan. Saya tidak tahu untuk SD negeri apakah ikut diliburkan atau tidak. Begitu juga untuk SD swasta yang pengelolanya tidak mempunyai tingkatan SMA, apakah ikut libur atau tidak. Misalkan mereka tetap masuk berarti merupakan kerugian waktu belajar bagi anak saya.

Padahal biaya sekolah adalah mahal. Belum lagi biaya lainnya seperti bus sekolah, eskul yang tetap harus dibayar selama liburan. Anak mungkin senang karena libur panjang tetapi orangtua yang sudah susah payah membayar biaya sekolah harus mempertanyakan keanehan ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s