UN SMA, Anak SD Libur

Minggu ini pelajar SMA sedang menjalani Ujian Nasional. Jalanan lebih lancar dari biasanya karena ujian dilaksanakan agak lebih siang dibanding waktu masuk sekolah. Anak kelas 10 dan 11 SMA juga diliburkan. Tapi yang lucu anak saya yang masih SD juga ikut diliburkan selama seminggu. Nanti saat UN SMP dan SD mungkin diliburkan lagi. Yang ada banyakan libur dibandingkan belajarnya.

Saya kira anak saya libur karena yayasan sekolahnya terdiri dari SD,SMP, dan SMA yang terletak di satu gedung sehingga otomatis kalau anak SMA sedang UN, maka anak SD dan SMP terpaksa diliburkan. Saya tidak tahu untuk SD negeri apakah ikut diliburkan atau tidak. Begitu juga untuk SD swasta yang pengelolanya tidak mempunyai tingkatan SMA, apakah ikut libur atau tidak. Misalkan mereka tetap masuk berarti merupakan kerugian waktu belajar bagi anak saya.

Padahal biaya sekolah adalah mahal. Belum lagi biaya lainnya seperti bus sekolah, eskul yang tetap harus dibayar selama liburan. Anak mungkin senang karena libur panjang tetapi orangtua yang sudah susah payah membayar biaya sekolah harus mempertanyakan keanehan ini.

Leave a Reply

