Klaim Ditolak

Tiga minggu lalu saya mengajukan klaim asuransi kesehatan untuk anak dan istri. Beberapa hari lalu pembayaran telah saya terima di rekening saya tetapi besarnya tidak sesuai dengan yang saya klaim. Ada selisih walaupun jumlahnya tidak begitu besar.

Tadi pagi saya terima berkas klaim yang ditolak beserta penjelasannya. Disebutkan penolakan berdasarkan pasal sekian ayat sekian yang berisi pengecualian. Saya lihat pengecualiannya banyak juga, mirip dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Membacanya dalam bahasa Indonesia saja sudah pusing.

Intinya obat yang saya beli tidak dapat diklaim padahal obat itu sudah berdasarkan resep dokter. Saya malas saja mempermasalahkan hal ini, kecuali kalau ada kejadian lagi dengan nilai yang lebih besar.

Dari sisi perusahaan asuransi pastinya berusaha agar pembayaran klain serendah-rendahnya untuk menekan kerugian. Dari sisi peserta tentu sebaliknya. Bagaimana jalan tengahnya?🙂

Leave a Reply

