Kordinasi Dengan Vendor

Kordinasi dengan vendor merupakan hal yang umum di perusahaan apalagi dalam suatu project. Komunikasi yang lancar merupakan syarat mutlak agar project dapat selesai sesuai waktunya.

Vendor yang digaet bisa berupa vendor lokal atau vendor asing. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Bila kemampuan yang dimiliki sama saya menyarankan agar vendor yang dipilih adalah vendor lokal. Bukan karena hanya cinta produk dalam negeri tetapi juga ada beberapa pertimbangan lain.

Pertama adalah masalah waktu dengan vendor asing. Adanya perbedaan waktu menyebabkan komunikasi menjadi lebih sulit. Misalkan di Jakarta siang hari, di tempat vendor masih subuh. Begiti juga sebaliknya. Rapat menjadi tidak efisien karena ada pihak yang harus berkorban.

Kedua masalah bertemu secara fisik. Dengan vendor asing akan lebih sulit bertatap muka apalagi kalau mereka tidak mempunyai perwakilan di Jakarta. Padahal dalam suatu project kita bisa saja ingin tiba-tiba bertemu langsung dengan vendor. Kalau dengan vendor lokal hal ini bisa dilakukan sewaktu-waktu.

Ketiga masalah mental. Karena kita orang Indonesia kadang-kadang vendor asing merasa lebih superior apalagi kalau vendornya dari barat. Jadinya kita yang malah diatur vendor dan mengikuti kemauannya. Mungkin ini karena kita terlalu lama dijajah. Padahal kemampuan orang Indonesia tidak perlu diragukan bahkan banyak yang lebih hebat.

Begitulah pengalaman yang saya alami🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s