Silaturahmi

Dalam Islam silaturahmi itu sangat dianjurkan untuk mempererat tali persaudaraan sesama umat. Selain hubungan kepada Allah, hubungan sesama manusia juga harus dijaga. Kita tidak bisa hidup sendiri karena manusia adalah makhluk sosial yang bergantung .kepada orang lain.

Sayangnya kegiatan silaturahmi ini sering disalahartikan oleh masyarakat. Misalkan ada ketua partai yang bersilaturahmi ke pondok pesantren, sering dianggap sebagai kampanye apalagi kalau waktunya dekat dengan jadwal pemilu. Ditambah adanya bantuan-bantuan yang diberikan oleh partai itu. Tetapi karena adanya simbiosis mutualisme maka kedua belah pihak tutup telinga.

Di lingkup kecil kadang-kadang silaturahmi juga mempunyai maksud-maksud tertentu. Misalkan tiba-tiba ada teman lama yang menghubungi kita. Setelah berbicara panjang lebar bisa saja dia sedang menawarkan produk asuransi, menawarkan investasi, atau mencari info lowongan pekerjaan.

Jadi menurut saya yang benar-benar silaturahmi sangat kecil, sebagian besar pasti ada agenda tersembunyi. Kecuali kalau silaturahmi yang tidak sengaja misalkan tiba-tiba bertemu teman di jalan, mal, atau pasar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s