Tidak Bisa Kirim SMS

Kita bisa membeli handphone yang diperuntukkan untuk operator luar negeri secara online dan digunakan di operator yang ada di Indonesia. Handphone jenis ini biasanya barang bekas tetapi kualitasnya masih bagus. Kelemahannya karena ditujukan untuk operator luar biasanya ada fitur-fitur yang tidak bisa dipakai di sini. Hal ini disebabkan tidak adanya kontrol kualitas seperti halnya handphone yang masuk lewat jalur resmi.

Teman saya baru saja membeli satu handphone yang aslinya untuk operator US Celluar di Amerika sana lewat jalur Ebay. Saat dicoba untuk kirim SMS ternyata gagal. Setelah diselidiki Service Option yang dipakai yaitu SO-14 tidak dikenali oleh jaringan operator di sini. Service Option ini yang diminta oleh handphone sedangkan jaringannya tidak mendukung. Yang didukung adalah SO-6. Akhirnya harus ada konfigurasi di RUIM card agar dipaksa menggunakan SO-6.

Bagaimana kalau pembeli biasa yang mengalami hal seperti ini. Pastinya akan bingung apa yang harus dilakukan. Kalau melapor ke operator biasanya akan menerima jawaban standar seperti pelanggan lain tidak mengalami masalah yang sama, jaringan baik-baik saja, atau masalah kemungkinan di handphone. Untung saja teman saya bekerja di bidang telekomunikasi sehingga permasalahannya dapat diselesaikan lewat jalur belakang🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s