Silsilah Keluarga

Biasanya saat lebaran kita sering bertemu saudara jauh yang mungkin hanya bisa ditemui saat lebaran. Karena jarang bertemu atau mungkin tidak pernah bertemu kita jadi ingin tahu jalur hubungan saudara dari dia ke kita, apakah lewat jalur ibu, bapak, dst.

Untuk mengetahui rantai hubungan saudara, saya biasanya bertanya kepada orang tua. Mereka akan menerangkan dengan panjang lebar. Saat diterangkan saya mengerti jalurnya tetapi setelah beberapa waktu kemudian atau bila ada acara kumpul-kumpul lagi biasanya saya kembali lupa🙂

Oleh karena itu silsilah keluarga sangat diperlukan. Sejak SMA saya berniat untuk mempunyai silsilah keluarga dan sudah mencoba untuk mencari programnya. Saat itu tidak mendapatkan program yang pas dan sederhana. Akhirnya keinginan itu dibiarkan begitu saja. Sekarang saya teringat kembali dengan silsilah keluarga ini.

Di jaringan sosial seperti facebook ada aplikasi untuk silsilah keluarga tapi saya masih kurang puas dengan aplikasinya. Yang saya inginkan adalah seperti struktur organisasi. Jadi paling atas adalah kakek dan nenet buyut. Saya ada di level kedua dari bawah. Paling bawah contohnya anak saya. Pastinya dengan model seperti ini strukturnya akan melebar tapi di situ kesederhanaannya. Kalau tidak ada programnya mungkin dibikin manual saja dengan program seperti visio. Yang penting niat dulu, mengerjakannya bisa nanti-nanti kalau sedang banyak waktu🙂

Leave a Reply

