Belanja Bulanan

Dari pengamatan saya di pusat belanja seperti Carrefour, Hypermart, Giant, TipTop, dll waktu paling ramai adalah hari libur di awal bulan. Asumsi saya karena banyak orang yang baru menerima gaji saat itu. Antrian di kasir bisa memakan waktu lebih lama dari waktu belanjanya sendiri. Saya pernah terjebak situasi ini, bisa lebih dari 30 menit untuk mengantrinya. Sebaiknya jangan belanja bulanan pada waktu-waktu tersebut.

Bila terpaksa untuk berbelanja pada saat itu sebaiknya menggunakan strategi khusus. Hal ini bisa dilakukan bila ada 2 orang atau lebih. Jadi saat tiba salah seorang langsung mulai mengantri, yang lainnya mulai mengambil barang yang mau dibeli. Kita harus sudah menyiapkan daftar barang yang mau dibeli agar tidak membuang waktu percuma. Usahakan kita sudah tahu denah atau gambaran tempat belanja tersebut sehingga tidak perlu pusing mencari-cari lokasi barang yang akan dibeli.

Selain itu bila harus berbelanja di awal bulan, pilihlah di hari kerja, jadi sepulang kerja kita bisa langsung berbelanja. Yang paling baik berbelanja di pertengahan hingga akhir bulan. Kita tidak akan lama menunggu antrian. Kalau memang tidak ada uang untuk belanja saat itu, kita bisa menggunakan kartu kredit alias berhutang dahulu. Tapi ingat harus dibayar lunas saat jatuh tempo, jangan bayar minimalnya saja karena akan bunga berbunga di kemudian hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s