Uang Tip

Tip biasanya diberikan ke orang atas jasa yang telah diberikan kepada kita. Misalkan saat memakai taksi kita membulatkan ke atas dari harga yang tercantum di argo, kelebihannya untuk tip supir taksi. Begitu juga saat parkir di mal, kita kadang-kadang memberikan uang ke tukang parkir. Contoh lainnya setelah makan di restoran kita sering memberikan tip bagi pelayan.

Besar uang tip untuk kejadian dia atas adalah bervariasi, tidak ada perhitungan pastinya. Tip itu kalau diibaratkan dalam beribadah adalah sunah. Tidak diwajibkan untuk melakukannya. Mirip dengan sedekah. Jadi besarnya bisa berapa saja.

Walaupun sebenarnya tidak wajib, tapi untuk beberapa kasus tip ini berubah menjadi wajib. Contohnya sih tidak banyak. Satu yang saya bisa sebutkan adalah tip untuk pemandu wisata. Saat kita ikut paket tour, uang tip ini wajib dikeluarkan. Besarnya juga sudah ditentukan. Paket tour luar negeri umumnya mewajibkan uang tip sebesar USD 5 sehari. Saya tidak mengerti kenapa wajib dan besarnya ditentukan. Logikanya pasti kita akan memberikan tip ke mereka kenapa harus diatur-atur juga, kan jadi tidak menarik lagi. Kalau wajib mendingan tidak usah disebut sebagai uang tip tapi uang gaji mereka🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s