Serasa Menang

Ada dua peristiwa olahraga dalam satu minggu terakhir yang memberitakan tentang klub sepakbola Arsenal dan tim Bulutangkis kita di piala Sudirman. Yang menghubungkan kedua peristiwa itu adalah pihak yang kalah merasa menang.

Mari kita bahas satu persatu. Arsenal merasa juara walaupun tidak mendapatkan satu piala di musim ini. Mereka hanya menempati peringkat ke-4 di liga Inggris. Tapi karena dengan ada di posisi itu mereka berhasil lolos ke kualifikasi liga Champion musim depan. Dan mereka merasa seperti seorang pemenang.

Berikutnya tentang tim bulutangkis kita di kejuaraan piala Sudirman. Kita kalah dari China di perempat final dengan skor 3-2. Di penyisihan grup kita kalah telah 5-0. Kekalahan tipis ini juga dianggap sebagai kemenangan karena Cina adalah tim yang hebat dan kita mampu merepotkan mereka dengan mengandalkan pemain-pemain muda. Dan kita merasa seperti seorang pemenang.

Tidak salah berpikir seperti itu. Tapi orang lain hanya akan mengingatnya sesaat saja dan tidak akan menjadi kenangan. Orang hanya mengingat siapa yang menjadi juara. Manchester United yang akan diingat menjadi juara liga Inggris musim ini. Cina yang akan diingat bila mereka menjuarai piala Sudirman tahun ini. Runner-up, semifinalis, tidak akan diingat orang. Oleh karena itu jadilah seorang juara.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s