Kursus Cisco (CCNA)

Saya berminat untuk ikut kursus Cisco CCNA. Minat ini sudah ada dari jaman kuliah dulu. Terlebih lagi dengan pekerjaan yang digeluti saat ini dan akan datang yang menuntut penguasaan teknologi ini. Ke depannya dunia telekomunikasi akan berbasis IP. IT dan telekomunikasi akan bergabung menjadi satu dan tidak akan terpisahkan.

Saya saat baru mulai bekerja di bidang telekomunikasi tahun 2001, teknologi IP tidak banyak berperan dan hanya merupakan pendukung saja. Suara di bawa melalui protokol SS7, teknologi VOIP masih jarang digunakan. Akibatnya keinginan ikut kursus Cisco ini agak terlupakan. Beberapa tahun terakhir teknologi berubah. Protokol SS7 mulai ditinggalkan dan digantikan oleh SIP. IP menjadi berperan penting bahkan amat penting. Teknologi 4G sudah berbasis IP.

Agar tetap update dengan kemajuan teknologi saya harus update kemampuan saya agar tidak tertinggal dengan yang lain. Beberapa hari yang lalu saya sudah melihat-lihat brosur kursus CCNA ini. Lumayan mahal juga harganya, mudah-mudahan bisa disponsori kantor🙂

Leave a Reply

