Merger & Akuisisi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jumlah operator telekomunikasi di Indonesia sudah terlalu banyak. Ada sekitar 10 operator untuk melayani 250 juta penduduk. Kalau pembagiannya merata mungkin saja semua operator akan untung. Masalahnya hanya ada 3 pemain yang mendominasi, sisanya hanya mendapatkan remah-remahnya saja. Operator yang tidak mampu bersaing otomatis hidup segan mati tak mau.

Bila dibandingkan negara lain, memang jumlah operator kita terlalu banyak. Makanya perlu diadakan konsolidasi antar operator agar terjadi kompetisi yang sehat. Sebaiknya jumlahnya dikurangi menjadi 4-5 pemain saja.

Konsolidasi bisa terjadi melalui cara merger atau akuisisi. Sudah ada contoh konsolidasi yang terjadi misalkan SmartFren yang merupakan penggabungan Smart dan Fren. Btel dan STI juga sedang melakukan proses merger. Berita terbaru adalah XL yang akan mengakuisisi Axis. Hasil dari konsolidasi di atas akan menghasilkan 8 pemain saja tapi ini masih dirasakan terlalu banyak. Diprediksi masih ada proses konsolidasi lagi di masa datang. Kita tunggu saja beritanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s