Mengetik 11 Jari

Dulu waktu SMA ada pelajaran ketrampilan mengetik menggunakan mesin tik. Yang saya ingat adalah ujiannya berupa kecepatan mengetik per menit. Caranya harus dengan mengetik 10 jari dengan nilai yang didapat dihitung dari jumlah huruf/kata yang bisa dihasilkan dalam waktu tertentu.

Tetapi sampai saat ini saya tetap tidak bisa mengetik 10 jari. Yang ada 11 jari🙂 saya merasakan dengan 11 jari jauh lebih nyaman dan cepat dibanding 10 jari. Tidak perlu menggunakan jari kelingking dan jari manis. Saya perhatikan orang lain juga lebih banyak mengetik menggunakan 11 jari.

Karena itu saya kagum dengan orang yang bisa mengetik 10 jari. Selama mengetik pandangannya selalu ke monitor beda dengan saya yang sering melihat ke arah keyboard. Terlihat elegan orang yang bisa mengetik 10 jari. Mau berubah tapi sudah sulit kalau sudah kebiasaan. Memang kebiasaan baik itu harus dipupuk semenjak kecil, kalau sudah tua biasanya sudah keras kepala hihihi…

Leave a Reply

