Uang Membawa Perpecahan

Uang bisa membuat teman menjadi lawan. Uang juga bisa membuat putusnya tali persaudaraan. Di level lebih tinggi lagi uang bisa membuat hancurnya sebuah bisnis.

Manusia pasti terobsesi memiliki banyak uang. Segala cara dilakukan dari yang halal sampai yang haram. Ada dengan cara bekerja keras membanting tulang, korupsi, merampok, mencuri, dll. Tapi sesuai judul tulisan ini saya ingin menekankan pada mencari uang dengan cara berhutang yang dapat menimbulkan perpecahan.

Banyak cara untuk berhutang. Bisa ke bank, renternir, teman, atau saudara. Bila ke bank atau renternir pasti ada surat perjanjian dan ada sanksinya bila kita tidak membayar, minimal kita akan dikejar-kejar oleh pihak pemberi hutang. Kalau berhutang ke teman atau saudara, beda ceritanya. Selain tidak ada bunga umumnya juga tidak ada surat perjanjian karena didasarkan kepercayaan. Akibatnya pengutang menjadi tidak memiliki beban dan pemberi hutang tidak enak untuk menagih. Bisa ditebak komunikasi menjadi berkurang dan pertemanan/persaudaraan menjadi berjarak.

Banyak contoh yang terjadi di sekitar kita bagaimana uang bisa membuat perpecahan. Bahkan mungkin saja hal itu terjadi di lingkungan keluarga besar kita. Jadi berhati-hatilah dan jangan menuhankan uang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s