Diskon Khusus Anggota baru

Tadi saat mengambil rapor anak saya ada pendaftaran khusus bahasa Inggris suatu lembaga di mana anak saya sudah mengikutinya setahun terakhir. Di brosurnya terpampang diskon yang lumayan besar bagi murid baru. Iseng-iseng saya bertanya kepada penjaganya apakah ada diskon bagi murid lama. Jawabannya tidak. Ternyata lembaga tersebut lebih mengutamakan murid baru daripada murid lamanya. Ada juga promosi pendaftaran bimbingan belajar (Bimbel) yang mendapatkan voucher potongan harga hingga 500ribu rupiah. Saya yakin murid lama pasti tidak mendapatkan diskon yang sama.

Kejadian seperti ini tidak hanya terjadi di dunia pendidikan. Contoh lain mengenai berlangganan TV kabel. Seringkali pelanggan baru diberi promosi bebas iuran beberapa bulan dan paket tayangan jika mendaftar berlangganan. Pelanggan lama tidak mendapatkan apa-apa. Saya menangkap kesan ketidakadilan di sini. Seakan-akan hanya anggota baru yang diutamakan. Padahal kalau anggota lama mengundurkan diri atau keluar tentu yang rugi lembaga/perusahaan tersebut.

Seharusnya ada bagian yang merawat anggota lama ini agar tetap loyal dan tidak pindah ke kompetitor. Bagaimana menurut anda?

Leave a Reply

