Tahun Ajaran Baru

Tahun ajaran baru biasanya pengeluaran ekstra bagi keluarga yang mempunyai anak yang masih sekolah. Bagi yang baru mau masuk TK/SD/SMP/SMA/PT pengeluarannya akan jauh lebih besar dibanding yang hanya naik kelas saja. Tanpa perencanaan yang matang tentu akan terjadi kesulitan finansial yang bisa mendatangkan kebangkrutan suatu keluarga.

Umumnya pengeluaran ekstra yang terjadi selama tahun ajaran baru adalah kenaikan uang sekolah bulanan yang besarnya melebihi inflasi, uang masuk sekolah, membeli buku pelajaran, membeli perlengkapan sekolah seperti pakaian, sepatu, tas, dll. Kalau dikeluarkan dalam waktu bersamaan tentu akan sangat besar apalagi kalau mempunyai beberapa anak.

Satu lagi pengeluaran ekstra yang bersifat optional adalah biaya liburan sekolah. Biasanya saat proses belajar mengajar tahun ajaran baru dimulai guru akan menanyakan kegiatan yang dilakukan murid saat liburan. Kalau jawabannya hanya tinggal di rumah bisa saja anak akan merasa rendah diri kepada kawan-kawan di sekolah yang liburan ke luar kota/negeri, pulang kampung, dll🙂

Terbayang kan repotnya orang tua menyambut tahun ajaran baru hihihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s