Mengenalkan Pekerjaan Ke Anak

Banyak cara untuk mengenalkan pekerjaan ke anak. Contohnya tempat hiburan kidzania di mana anak-anak berlatih peran seperti orang dewasa dan bebas memilih pekerjaan yang diinginkan. Mereka mendapatkan bayaran uang dan dapat menggunakan uang yang diterima untuk berbagai keperluan misalkan berbelanja, menabung, dll. Saya sendiri belum pernah ke sana tapi anak saya sudah pernah masuk. Pekerjaan yang dipilihnya adalah pemadam kebakaran dan dokter.

Ada cara lain yang lebih murah untuk mengenalkan pekerjaan dan arti uang kepada anak. Anak harus diberitahu bahwa uang itu harus didapat dengan kerja keras, tidak begitu saja jatuh dari langit. Cara murah meriah ini sepertinya turunan dari generasi sebelumnya yaitu pekerjaan mencari uban🙂

Dulu waktu saya kecil saya juga disuruh mencari uban orang tua dan mendapatkan bayaran. Kalau tidak salah 100 rupiah per uban. Cara serupa saya pakai ke anak. Kali ini bayarannya 1000 rupiah per uban. Dengan hal kecil seperti ini anak dapat memahami pentingnya bekerja dan cara mendapatkan uang secara sah. Dengan kata lain, kita juga menunjukkan bahwa tidak bagus hanya meminta-minta seperti pengemis.

Leave a Reply

