Zakat Harta

Hari ini ada diskusi tentang bagaimana tata cara mengeluarkan zakat harta yang kita miliki. Diskusi hanya berlangsung sesama teman sekantor saja. Ternyata masing-masing mempunyai pandangan yang berbeda tentang cara perhitungan zakat harta ini. Saya sengaja mengeluarkan topik ini karena saya sendiri masih bingung apakah cara yang saya pakai sudah benar apa belum.

Di kantor yang lama saya juga pernah berdiskusi dengan topik yang sama, dan pendapat dari rekan-rekan kerja juga berbeda-beda. Kalau saya baca buku dan literatur internet, jawabannya juga bermacam-macam. Bahkan kalau mendengar ceramah dari 2 ustadz bisa jadi jawabannya berbeda juga tergantung referensi yang diambil.

Akibatnya kadang-kadang pendapat yang diambil jadi berubah-ubah juga, tergantung lingkungan yang mempengaruhi kita. Tahun ini menggunakan perhitungan A, tahun sebelumnya menggunakan perhitungan B. Ini susahnya kalau tidak mempunyai satu guru yang dijadikan pegangan🙂

Leave a Reply

