Pasar Kaget

Selama ramadhan banyak bermunculan pasar kaget di sore hari menjelang waktu adzan maghrib. Mereka menjual makanan minuman untuk berbuka. Sayangnya pasar kaget ini biasanya berlokasi di pinggir jalan yang strategis akibatnya muncul titik kemacetan karena badan jalan diduduki oleh para pedagang dan kendaraan yang parkir. Ditambah banyak orang yang ngabuburit maka lengkaplah kemacetan yang terjadi. Sepertinya pemerintah terkesan membiarkan kondisi ini, mungkin tidak enak untuk melarang dan kemungkinan juga mengambil keuntungan dari kondisi ini🙂

Dekat rumah saya juga muncul pasar kaget. Makanan dan minuman yang dijual sungguh menggoda selera. Tadi saya iseng berjalan kaki ke sana hanya untuk melihat-lihat. Suasananya sungguh ramai. Makanan dan minuman dihidangkan terbuka di pinggir jalan bercampur dengan asap kendaraan, apalagi dekat pasar kaget itu juga ada terminal bis. Tapi orang-orang sepertinya tidak terlalu peduli. Transaksi terus berjalan dan semua sibuk dengan urusannya masing-masing.

Saya berpikir seharusnya pengeluaran orang untuk makan saat bulan ramadhan jauh berkurang karena harus berpuasa seharian. Tetapi kenyataanya terbalik, orang mempersiapkan banyak makanan untuk berbuka dan membeli makanan yang tidak umum, akibatnya malah pengeluaran lebih besar dibandingkan hari biasanya. Inilah yang dimamfaatkan para pedagang dengan munculnya pasar kaget tempat penjual dan pembeli bertemu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s