Puasa Menahan Hawa Nafsu

Dari pengalaman berpuasa dari tahun ke tahun, yang saya rasakan adalah semakin kita tua maka kemampuan kita menahan lapar dan haus semakin hebat. Bahkan kalau kita lupa sahur bukan merupakan masalah. Beda dengan waktu kecil dulu di mana kita lebih fokus menahan urusan perut. Padahal yang merupakan ujian sesungguhnya adalah kemampuan menahan hawa nafsu.

Seringkali puasa yang kita lakukan hanya sekedar gugur kewajiban sedangkan pahala puasa tidak didapat. Banyak contoh kejadian di mana kita tidak bisa menahan hawa nafsu. Misalkan saat berkendara kita sering tidak sabaran dan tidak bisa menahan emosi, sering berkata yang tidak benar, berbohong, suka bergosip, suka melihat wanita cantik, dll. Tetapi kalau melihat makanan dan minuman malah tidak ada masalah🙂

Jadi wajar kalau ada peringatan bahwa banyak orang yang berpuasa hanya mendapatkan lapar dan haus saja sedangkan pahala puasanya nol besar. Betapa rugi bila kita termasuk golongan tersebut. Semoga kita semua tidak termasuk golongan yang rugi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s