Membuat Presentasi

Saya diminta untuk membuat bahan presentasi tentang teknologi voice core CDMA. Bila pendengarnya mempunyai latar belakang telekomunikasi tentu akan mudah membuatnya. Masalahnya pendengarnya berasal dari berbagai latar belakang. Saya harus membuat presentasi yang mudah dicerna dan pembahasannya tidak terlalu mendalam.

Kalau saya beri istilah yang umum digunakan di dunia telekomunikasi seperti HLR/MSC bisa jadi banyak yang bingung. Saya harus memberikan analogi dengan kehidupan sehari-hari agar mudah dicerna. Itulah yang membuat proses pembuatannya menjadi lebih sulit. Belum lagi cara membuat tampilan presentasi yang menarik untuk dilihat dan tidak membosankan. Sering saya mendengarkan presentasi yang malah membuat saya mengantuk🙂

Terakhir adalah materi presentasi yang saya buat akan dibawakan oleh orang lain. Padahal saya bermaksud membuat presentasi yang tidak begitu banyak tulisan, karena itu termasuk salah satu trik membuat presentasi yang berkualitas. Penjelasan detail bisa diberikan saat presentasi itu sendiri. Berarti yang membawakan presentasi harus dapat menangkap maksud dari tulisan saya, kalau tidak akan membingungkan pendengarnya.

Leave a Reply

