Tradisi Mudik

Setiap tahun sekali menjelang lebaran berbondong-bondong orang Jakarta pulang ke kampung halaman masing-masing. Tujuannya adalah bersilaturahmi bersama keluarga tetapi yang paling utama adalah menemui orang tua.

Saya sendiri tidak pernah mengikuti tradisi mudik ini. Orang tua saya berada di Jakarta. Jadi selama lebaran saya selalu berada di Jakarta. Bukan berarti saya tidak mempunyai kampung halaman. Semua keluarga besar saya sebagian besar berada di Jakarta. Mereka merantau sejak dulu sehingga saya pun lahir di Jakarta. Begitu juga istri saya🙂

Saya sendiri dapat merasakan perjuangan orang yang mudik. Perjalanan yang pasti macet di tengah berpuasa merupakan pengorbanan besar. Mungkin mirip dengan perjalanan pulabg pergi ke kantor yang selalu macet. Tapi saya yakin semua itu akan sirna setelah tiba di sana dan menemui orang tua tercinta.

Leave a Reply

