Dollar dan Saham Bergerak Liar

Mata uang dollar sepertinya mengikuti tren harga emas yang bergerak liar. Kalau harga emas turun tajam, nilai mata uang dolar sebaliknya yaitu naik tinggi menembus level psikologis 10ribu rupiah per dollarnya. Begitu juga nilai IHSG yang merosot tajam ke level 4100.

Tentu ini berita buruk bagi pengusaha yang mengandalkan bahan baku impor dan penjualannya dalam rupiah. Juga bagi investor yang menanamkan investasinya di pasar saham. Memang hitungannya masih potential loss bagi investor saham, pemegang rupiah, dan pemegang emas. Pemerintah meminta masyarakat tetap tenang dan mengatakan bahwa kondisi 2008 masih lebih buruk dari sekarang.

Saya menyarankan para investor tetap memegang investasinya dan tidak perlu menjualnya. Biasanya setelah beberapa waktu akan terjadi rebound seperti halnya tahun 2008 lalu. Saya harapkan pemerintah melakukan tindakan nyata untuk mengatasi masalah ini, jangan menyalahkan krisis global dan jangan selalu menyatakan bahwa kondisi di Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara lain. Saya amati nilai rupiah dan saham amat mudah bergerak liar bila digoncang (fragile), ini yang perlu dicarikan solusinya oleh pemerintah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s