Bawa Gerbong

Ada kejadian di mana ada perusahaan A yang banyak karyawannya pindah ke perusahaan B. Hal ini terjadi karena efek domino. Awalnya ada satu orang dari perusahaan A yang pindah dengan level yang cukup tinggi ke perusahaan B. Karena di struktur organisasi perusahaan B masih banyak posisi yang kosong, akhirnya orang tersebut memasukkan teman-temannya dari perusahaan A sehingga banyak orang perusahaan A yang pindah ke perusahaan B.

Hal ini umum terjadi di banyak perusahaan.  Istilahnya bawa gerbong. Tapi tidak jarang karena kejadian ini terjadi kecemburuan antara karyawan lama dan baru. Apalagi kalau terjadi kubu/faksi di perusahaan. Selain itu biasanya karyawan baru mendapatkan gaji yang lebih besar daripada karyawan yang sudah lama.

Membawa gerbong ini umumnya berlatar belakang kemudahan dalam bekerja nantinya karena sudah saling mengenal. Proses rekruitment otomatus menjadi lebih singkat. Selama sesuai antara posisi dan kemampuan orangnya tentu tidak masalah tapi perlu diperhatikan hal-hal non teknis seperti kecemburuan antar karyawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s