B.U.

Saya sering melihat iklan di mana penjual ingin menjual cepat barangnya karena sedang butuh uang tunai. Istilah umumnya adalah BU (butuh uang). Kerugiannya adalah barang yang dijual akan ditawar rendah karena calon pembeli mengetahui kalau kita sedang butuh uang. Ini bisa terjadi kalau kita menjual mobil atau rumah.

Ceritanya akan lain kalau kita menjual barang seperti reksadana, logam mulia, atau ORI/Sukuk. Harganya tidak bisa ditawar karena tergantung harga pasar. Bila kondisi pasar sedang bagus kita bisa mendapatkan keuntungan tapi bila sedang ada krisis ekonomi bisa jadi kita rugi saat menjualnya. Hal inilah yang sedang terjadi pada saya. Saya agak kesulitan menjualnya sekarang karena waktunya tidak tepat padahal saya sedang butuh uang tunai.

Saatnya memikirkan strategi yang tepat agar tidak melakukan kesalahan yang fatal. Beberapa waktu yang lalu saya sudah melepas dollar yang saya miliki dan sepertinya saya lepas dalam waktu yang tepat di saat harganya sedang tinggi. Kalau reksadana saya kira saya melepasnya di harga yang biasa-biasa saja. Untuk yang berikutnya mudah-mudahan waktunya tepat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s