BBM di Android/iOS

Blackberry meluncurkan aplikasi BBM di platform android dan iOS. Selama ini BBM hanya ada di handphone Blackberry. Aplikasi ini sangat populer dan merupakan killer aplication pada masanya. Lalu muncullah aplikasi sejenis seperti WhatsApp (WA) yang dapat berjalan di banyak OS. Perlahan-lahan WA menggusur popularitas BBM apalagi setelah sambutan masyarakat terhadap berbagai handset baru Blackberry tidak begitu antusias. Pangsa pasarnya semakin tergerus di bawah bayang-bayang Samsung dan iPhone.

Manajemen Blackberry menyadari hal ini dan lalu membebaskan BBM untuk berjalan di OS android dan iOS. Sepertinya Blackberry akan menjual divisi handsetnya dan fokus di aplikasi messaging seperti halnya pemain OTT lainnya. Dengan sudah banyaknya pengguna yang menggunakan aplikasi OTT seperti WA, Kakao, WeChat, Line, dll, apakah masih ada kue yang tersisa untuk BBM?

Memang tidak ada kata terlambat tetapi di dunia telekomunikasi biasanya terlambat identik dengan kerugian besar. Terakhir saya dengan Blackberry akan mengurangi 30% karyawannya untuk menekan kerugian. Mari kita lihat perkembangan selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s