Nomor Telepon Seluler

Dahulu saat belum ada telepon seluler dan hanya ada telepon PSTN, kalau kita di Jakarta mau menghubungi orang di kota lain pasti yang kita tekan adalah kode area kota tujuan terlebih dahulu dilanjutkan nomor teleponnya. Contohnya 022 25535400. 022 menunjukkan kode area kota Bandung. Kita juga menyadari kalau panggilan ini adalah panggilan jarak jauh yang biayanya lebih mahal dari panggilan lokal.

Sekarang sudah ada nomor seluler yang dimulai dengan 08xx (NDC – National Destination Code), contohnya 081199191808. Kalau kita di Jakarta dan menghubungi nomor tersebut, apakah kita tahu nomor ini adalah nomor lokal Jakarta atau kota lain. Pasti sebagian besar tidak mengetahuinya padahal biaya yang dikeluarkan bisa 2x lipat apabila nomor ini milik kota lain.

Jadi bagaimana mengetahuinya? Kita bisa menanyakan pemilik nomor tentang daerah nomor itu berada atau menanyakan ke call centre operator nomor tersebut. Cara lain dengan menghitung pulsa yang berkurang saat menelepon nomor itu. Biasanya 2 digit setelah NDC adalah kota tempat nomor itu berasal. Saya kurang tahu apakah ada dokumen pemetaan data nomor seluler ke kota di internet. Intinya kita harus cerdik kalau menelepon nomor telepon seluler agar tidak boros pulsa🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s