Axis PHK Karyawan

Operator telekomunikasi XL membeli Axis. Upaya ini sejalan dengan keinginan pemerintah untuk mengurangi jumlah operator yang ada. Jumlah sekarang sebanyak 10 operator dirasa terlalu banyak, diharapkan ke depannya hanya akan ada 4-5 operator sehingga kompetisi menjadi sehat. Sekarang ini 3 operator terbesar menguasai lebih dari 90% kue, sisanya diperebutkan oleh 7 operator lainnya.

Yang ingin saya ceritakan di sini adalah akibat dari pembelian ini. Sebelumnya petinggi XL mengatakan bahwa mereka akan mengambil semuanya yang di Axis seperti pelanggan, brand, karyawan, frekuensi, dll tetapi nyatanya berbeda. Saat ini sudah dan sedang berlangsung proses PHK karyawan Axis dengan alasan efisiensi. Padahal banyak karyawan Axis yang berpikir bahwa mereka akan ditarik ke XL dan tidak ada pikiran akan di-PHK. Saya melihat ada semacam kebohongan yang dilakukan oleh manajemen.

Pemerintah ternyata tidak mempersoalkan hal tersebut selama kompensasi yang diberikan wajar. Padahal yang utama adalah kepastian pekerjaan bukannya besar pesangon yang didapat. Kalau karyawan diberi pilihan pasti mayoritas memilih bergabung dengan XL dibandingkan mendapat pesangon yang besar. Semoga saja karyawan Axis mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s