Selamat Hari Pahlawan

Maaf ucapan selamatnya terlambat sehari. Tapi tidak mengapa daripada tidak sama sekali.

Saya lihat surat kabar ada sekitar 150 pahlawan nasional yang ada hingga sekarang. Hanya sebagian kecil yang saya tahu. Kemungkinan karena sifat perjuangannya yang kedaerahan jadi tidak begitu dikenal. Ada juga yang menurut saya layak diberi gelar pahlawan nasional tetapi belum karena tidak ada yang mengusulkan atau usulnya ditolak pemerintah.

Saya harap pemberian gelar ini tidak hanya menjadi sekedar bagi-bagi kue. Jadi tidak perlu semua provinsi mempunyai perwakilan pahlawan. Hanya yang terbukti mempunyai jasa besar bagi negara yang berhak menjadi pahlawan. Kita tidak mau gelar pahlawan nasional menjadi gelar yang biasa-biasa saja. Saya analogikan dengan kejuaraan dunia bulutangkis. Sebelumnya kejuaraan ini diadakan beberapa tahun sekali sehingga merupalan gelar bergengsi yang diperebutkan banyak atlet. Setelah diadakan setahun sekali saya rasa gengsinya menurun dan tidak ada bedanya dengan kejuaraan lainnya.

Leave a Reply

