Salah Duga

Kadang-kadang kita sok tau kalau menilai atau melakukan sesuatu padahal kita bukan pakar dalam bidang itu. Dengan berbekal informasi dari internet kita merasa sudah pintar dan tidak mau mencari solusi dari ahlinya. Tidak ada salahnya belajar tapi pada suatu titik di mana kita sudah tidak bisa melakukannya sendiri maka kita harus rela menyerahkan pada ahlinya.

Hal itu pernah beberapa kali saya alami. Saya ambil contoh pekerjaan memperbaiki pipa atau keran air. Saya pernah melakukan sendiri tetapi hasilnya malah lebih jelek. Akhirnya saya panggil tukang pipa untuk menyelesaikannya. Contoh lain kalau anak sakit, saya kira demamnya karena ada gigi yang sedang tumbuh, tetapi setelah 3 hari demamnya tidak turun juga setelah dikasi obat demam. Setelah diperiksa ke dokter ternyata karena ada sariawan di mulut. Setelah diberi obat alhamdulillah kondisinya sudah lebih baik.

Jadi kesimpulan yang bisa diambil adalah kita harus bisa mengukur kemampuan diri sendiri dan tiap orang mempunyai keahlian masing-masing.

Leave a Reply

