Harga Naik

Di rumah saya berlangganan koran kompas. Tadi pagi saya baru saja membaca pengumuman di koran itu kalau harga berlangganan akan naik mulai bulan depan. Kenaikannya cukup tinggi dari 78ribu menjadi 98ribu perbulan. Persentasenya sekitar 25%. Alasannya klise yaitu karena kenaikan bahan baku dan ongkos produksi. Tapi kalau kenaikannya sampai 25% tentu terbilang tidak wajar karena kalau memperhitungkan inflasi saja yang dijadikan patokan seharusnya kenaikan maksimal sekitar 10%.

Sebelumnya saya juga mendapatkan pemberitahuan bahwa majalah donal bebek yang biasa dibaca anak saya juga naik dari 12.5ribu menjadi 15ribu, persentase kenaikannya 20% yang juga jauh di atas besaran inflasi. Untuk majalah saya sudah berlangganan setahun sehingga masih menggunakan harga lama hingga agustus 2014. Baik koran dan majalah itu diterbitkan oleh penerbit yang sama yaitu Kompas Gramedia.

Sebagai penerbit besar seharusnya jangan sewenang-wenang menaikkan harga. Kenaikan harga memang tidak bisa dihindarkan tetapi besarnya harus wajar. Sebaiknya mencontoh kenaikan harga tol yang mengikuti besaran inflasi. Saya jadi berpikir untuk berhenti berlangganan koran saja mengingat sejauh ini juga jarang atau tidak sempat membacanya. Saya lebih sering membaca berita di media online karena lebih praktis dan update.

One thought on “Harga Naik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s