Urut Kabel

Hari ini saya memanggil tukang listrik untuk memperbaiki listrik di rumah saya yang ada masalah dengan hubungan arus pendek (korslet). Tiap MCB dinaikkan selalu turun lagi. Sebenarnya saya mau mencoba memperbaiki sendiri tetapi sepertinya kali ini di luar kompetensi saya.

Lebih sulit memperbaiki masalah daripada memasang dari awal . Begitu juga dengan listrik. Kita harus mengurut satu persatu kabel untuk menemukan di mana titik kabel yang korslet. Ini cukup memakan waktu apalagi dengan tambahan naik ke atas plafon.

Setelah mengurut satu persatu kabelnya akhirnya kita menemukan masalahnya. Ada stopkontak di kamar yang korslet. Korslet biasanya disebabkan kabel yang terkelupas karena gigitan tikus atau pun sambungan kabel yang terkena air rembesan hujan. Untuk kasus saya disebabkan oleh rembesan air di dinding yang masuk ke dalam kabel. Akhirnya stopkontak itu dimatikan karena kalau mau memperbaiki kita harus membongkar keramik tembok. Lagipula ada stopkontak lain di kamar itu yang masih bisa digunakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s