Dana Simpanan Haji

Saya membaca berita mengenai dana simpanan haji masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji. Sebagaimana diketahui para calon haji harus menyimpan uang sebesar Rp. 25jt agar mendapatkan nomor urut. Dana itu disimpan di rekening khusus haji. Total simpanan bisa mencapai triliunan rupiah. Diberitakan bahwa bunganya saja mencapai 1 triliun rupiah. Suatu jumlah yang amat besar dan menggiurkan. Saya tidak tahu bagaimana pengelolaan dana calon haji ini, yang pasti departemen agama wajib bertanggung jawab dunia dan akherat🙂

KPK pernah menyarankan agar calon haji tidak wajib menyetor uang saat mendaftar. Pertimbangannya agar dana tidak menganggur begitu saja di bank dan bisa dimamfaatkan terlebih dahulu oleh calon haji. Selain itu dana yang besar itu dapat disalahgunakan dan diselewengkan oleh oknum sehingga rawan korupsi. Saya sangat setuju dengan saran KPK tapi sampai sekarang saran itu tidak pernah diimplementasikan.

Alternatif lain adalah melakukan audit oleh pihak independen. Jadi jangan tertipu oleh nama departemennya, bisa jadi ada oknum di dalamnya. Tentu Anda masih ingat dengan korupsi pengadaan Al-Quran.

One thought on “Dana Simpanan Haji

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s