Pencairan Uang JHT Jamsostek

Saya akhirnya mencairkan uang JHT Jamsostek hari ini. Dari target 3 perusahaan yang ingin saya cairkan, ada 2 yang berhasil. Satu lagi gagal karena kartu Jamsosteknya hilang. Menurut petugas saya harus membuat surat kehilangan di kantor polisi. Selain itu untuk perusahaan ini, pencairannya harus di kantor yang telah ditentukan, tidak bisa di sembarang tempat.

Ada 2 cara pencairan uang Jamsostek yaitu tunai atau melalui transfer. Saya memilih metode ke-2. Bila memilih transfer, maka dana akan masuk ke rekening 2 minggu lagi, kalau tunai bisa diambil langsung. Syarat-syarat untuk mencairkannya mudah dan prosesnya tidak berlangsung lama. Di depan petugasnya mungkin hanya 15 menit, yang lama adalah menunggunya.

Ada sedikit kekecewaan, yaitu pajak sebesar 5% apabila dana yang dicairkan lebih dari 50jt rupiah. Menurut saya ini tidak perlu, ada-ada saja cara kantor pajak dalam mengambil uang pekerja😦

Leave a Reply

