Berapa Yang Harus Dibayar?

Saya sering bingung kalau membayar sesuatu yang tidak jelas. Padahal sesuatu itu bisa jadi tidak ada harganya alias gratis tapi kita merasa tidak enak kalau tidak membayar. Saya akan beri beberapa contohnya.

Misalkan kita mau membuat surat kehilangan di kantor polisi. Setahu saya tidak ada tarifnya dan memang hal ini sudah merupakan bentuk pelayanan polisi. Tapi tetap saja kita tidak enak kalau tidak membayar. Dan di sisi polisi ada bentuk pengharapan kalau dia akan menerima sejumlah uang. Nah berapa besar yang harus dibayar? Kalau 5ribu nanti dianggap kekecilan tapi kalau 100rb terlalu kebesaran menurut saya🙂

Contoh lain saat mengurus KTP/KK di RT/RW, memberi tip tukang cuci mobil, tukang pijat, tukang parkir, pelayan restoran, dll. Saya lebih setuju kalau harganya transparan dan jelas sehingga tidak membingungkan. Contohnya seperti bila kita mengikuti paket perjalanan wisata. Ada tip yang telah ditentukan untuk jasa supir dan pemandu wisatanya.

Leave a Reply

