Antri Cuci Mobil

Beberapa minggu terakhir saya melihat pemandangan antrian mencuci mobil di dekat rumah saya. Dari beberapa tempat cuci mobil yang saya biasa kunjungi, semuanya ada antrian. Biasanya antrian ini terjadi pada hari minggu sore/malam. Saya pernah mencoba mencuci mobil pada waktu tersebut dan hasilnya dari 3 tempat yang saya kunjungi, semuanya saya lalui saja karena hasilnya macet.

Fenomena ini menandakan bahwa semakin banyak mobil yang beredar dan semakin malas orang mencuci mobil sendiri. Padahal mencuci mobil sendiri bisa dianggap berolahraga. Selain itu kalau saya perhatikan orang kita termasuk yang suka kebersihan. Mobil selalu tampak mengkilap. Kalau dibandingkan negara lain yang pernah saya kunjungi, tingkat menjaga kebersihan mobil bangsa kita jauh lebih tinggi.

Antrian cuci mobil ini bisa jadi peluang bisnis selain menjual jasa pencucian. Misalnya disediakan kantin makanan/minuman bagi yang menunggu. Ini pernah saya lihat di salah satu tempat pencucian mobil. Entah mengapa kantin makanannya tidak berjalan, yang tersisa hanya minuman kecil seperti teh botol, coca cola. Mungkin perencanaan bisnisnya kurang matang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s