Tekanan Angin Ban Bertambah

Saya mengisi tekanan angin ban mobil di tukang tambal ban di pinggir jalan. Ini tempat yang biasa saya datangi kalau mau menambah angin ban. Saat dicek tekanannya, tukang itu bertanya kapan saya terakhir menambah angin dan di mana. Saya jawab sudah agak lama dan biasanya mengisi di tempat tukang itu karena letaknya yang dekat dari rumah. Saya tanya kenapa dia bertanya seperti itu. Dia jawab bahwa dia heran kenapa tekanan bannya cukup tinggi, di atas normal.

Seingat saya, saya tidak pernah meminta diisi angin hingga setinggi tekanan itu. Saya bingung mengapa tekanan angin bisa bertambah. Logikanya pasti selalu berkurang. Ada yang bisa memberi penjelasan teknis?🙂

Alhasil dari 4 ban yang dicek, 3 ban tekanan anginnya dikurangi, hanya 1 ban yang tekanannya ditambah.

Leave a Reply

