Umrah 2014

Umroh ini adalah umroh pertama saya. Saya tidak menulis selama 10 hari terakhir karena ingin fokus menjalani umroh ini. Selain itu akses internet yang terbatas juga membatasi akses saya ke wordpress. Barulah kali ini saya ada kesempatan menulis, sebenarnya sudah bisa mulai menulis lagi dari kemaren tetapi saya masih terlalu lelah untuk memulainya🙂

Umroh saya berlangsung selama 9 hari. Hari efektifnya adalah 7 hari karena hari pertama dan terakhir dipakai untuk perjalanan pesawat. Dari 7 hari, 3 hari untuk Madinah dan 4 hari untuk Mekkah. Perjalanan spritual di 2 kota suci ini sungguh berkesan, pasti semua orang yang pernah ke sana ingin mengulangnya. Berbeda kalau kita berjalan-jalan ke negara lain seperti Hongkong atau Amerika, yang bagi saya hanya perlu dikunjungi sekali saja dalam seumur hidup.

Saya menjalani 2 kali umroh selama di sana. Umroh pertama saat baru tiba di Mekkah dari Madinah. Umroh kedua setelah menjalani city tour di Mekkah. Pengalaman yang saya dapatkan adalah kita harus mempunyai stamina yang kuat untuk menjalanai umroh atau haji. Oleh karena itu kalau sudah mampu sebaiknya umroh/haji dilakukan sedini mungkin tidak perlu menunggu tua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s